Tentang Kami!

Jurusan terbaik #1 di IAIN Lhokseumawe. Memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Visi, Misi, Profil  dan Tujuan Jurusan Tadris Bahasa Inggris

Tadris Bahasa Inggris merupakan salah satu Jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe. Berawal dari status prodi (program studi), Jurusan ini lahir setelah proses perubahan dan peningkatan status Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) berdasarkan SK Menteri Agama RI. No. 181 tahun 1996, tanggal 31 Oktober 1996, di saat STAI Malikussaleh mengalami kemajuan pesat. Surat keputusan itu juga memberikan penambahan satu jurusan, yaitu Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi pertama yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), pada tahun 2003 lahir Program Studi Matematika, kemudian disusul oleh Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) pada tanggal 25 Februari 2004 dengan nomor SK Pendirian PS KMA No. 71 Tahun 2004 dan perpanjangan SK izin Operasional nomor 3057 pada 12 Nopember 2013. Tahun 2012 lahir Prodi Bahasa Arab yang kemudian diikuti oleh Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) yang kini telah berubah menjadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang lahir pada tahun 2013 dan terakhir disusul dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia denagn izin operasionalnya pada tahun 2015.

Pasca penegerian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Malikussaleh Lhokseumawe menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe berdasarkan Keputusan Presiden (KEPRES) No. 2 tanggal 5 Januari 2004, yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ibu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 08 Maret 2004. Seiring berjalannya waktu, peminat pada Prodi TBI terus mengalami peningkatan, para calon mahasiswa bukan hanya dari lingkungan kota Lhokseumawe dan Aceh utara, akan tetapi juga dari seluruh penjuru propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, seperti Aceh Tengah, Aceh Timur, Bireuen, Aceh Barat, seumelu, Alas dan bahkan ada yang berasal dari luar propinsi Aceh. Sejak pendirian prodi TBI dengan penerimaan mahasiswa perdana pada tahun akademik 2003-2004 sampai dengan sekarang, tercatat jumlah alumni TBI telah mencapai 867 yang telah terpencar dan bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta, namun pada umumnya sebagai tenaga pendidik Bahasa Inggris.

Seiring dengan peralihan status dari STAIN MALIKUSSALEH Lhokseumawe menjadi IAIN Lhokseumawe pada februari 2017. Maka hal ini berdampak pula pada segenap unsur unit kelembagaan serta Prodi yang menjadi Jurusan, dan Jurusan menjadi Fakultas. Saat ini, Jurusan TBI memiliki visi, misi, dan tujuan-tujuan tertentu di mana dalam pelaksanaannya didanai dan mengacu pada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh IAIN Lhokseumawe. Pada pelaksanaanya, Jurusan TBI telah menghasilkan lulusan program Sarjana yang diperlukan untuk mengisi kekurangan tenaga pendidik yang dibutuhkan oleh Pemerintah, dan dalam proses penyelesaian studi, Jurusan TBI menerapkan sistem Pendidikan 4 (empat) tahun. Lebih jauhnya, Jurusan TBI memiliki fungsi dan tugas yang signifikan dalam mendukung, mengembangkan, dan memajukan IAIN Lhokseumawe secara komprehensif.

Dalam perjalanannya, Jurusan TBI terus melakukan inovasi keilmuan yang berkelanjutan demi menyikapi globalisasi zaman yang sarat dengan persaingan. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen dan lulusan mahasiswa merupakan salah satu pembenahan prioritas yang dilakukan untuk pelayanan intelektual kepada masyarakat akademik (mahasiswa) yang lebih baik dan memuaskan. Di samping pembenahan dalam kurikulum, pengembangan serta atsmosfir akademik juga terus dilakukan inovasi dan penyesuaian yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Visi Jurusan Tadris Bahasa Inggris

Terwujudnya Jurusan Tadris Bahasa Inggris sebagai pusat pendidikan keguruan yang professional dan unggul dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris dan memahami ilmu kebahasaan dengan memiliki spiritual, kemandirian dan kecendikiaan melalui serangkaian pengajaran dan pelatihan yang berdasarkan akademis, humanis dan professional.

Misi Jurusan Tadris Bahasa Inggris

Mengembangkan dan memantapkan Jurusan TBI sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan guru bahasa inggris yang memahami ilmu kebahasaan berbasis prinsip keilmiahan yang berdasarkan kepada spiritual, yang menghargai kemanusiaan dan professional melalui penguatan kurikulum dan pelatihan.

Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian yang berorientasi pada bidang pendidikan , pengajaran Bahasa Inggris dan pengembangan kebahasaan.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berbasis pendidikan dan pengajaran yang fokus dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan non formal dan informal.

Menyelenggarakan kerjasama antar lembaga dalam bidang pendidikan pengajaran Bahasa Inggris, penelitian dan lainnya.

Tujuan Tadris Bahasa Inggris

Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris yang unggul dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris dan kebahasaan (Linguistic).

Terselenggaranya penelitian yang berorientasi pada bidang pendidikan pengajaran Bahasa Inggris dan kebahasaan.

Terselenggaranya pengabdian berbasis pendidikan pengajaran Bahasa Inggris yang unggul dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan non formal dan informal.

Terselenggaranya kerjasama antar lembaga dalam bidang pendidikan pengajaran Bahasa Inggris.

Profil Lulusan

Lulusan Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan di arahkan untuk menjadi sarjan yang memiliki keahlian sebagai berikut.

Pendidik dalam bahasa Inggris
Sebagai pendidik dalam bahasa inggris, lulusan jurusan Tadris Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran bahasa inggris yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan baik pada pendidikan formal maupun non-formal. Disamping mahir dalam pembelajaran bahasa inggris, lulusan TBI memiliki kemahiran dalam ilmu kebahasaan (linguistik), juga memiliki kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak yang bisa menjadi panutan.

Menjadi Translator dan Interpreter
Sebagai penerjemah atau ahli menafsirkan bahasa, lulusan Tadris Bahasa Inggris diharapkan memilikikemampuan menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) dalam berbahasa inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah atau pemateri berbahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya, dengan landasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penerjemahan, dan memiliki etika penerjemahan.

Pengembang Program Pembelajaran Bahasa Inggris
Lulusan Tadris Bahasa Inggris memiliki kemampuan mengembangkan pendidikan bahasa inggris untuk anak-anak maupun siswa dengan membuka pendidikan anak usia dini (PAUD), Kursus Bahasa Inggris atau sejenisnya. Sebagai pengembang pembelajaran bahasa inggris maka diharapkan lulusan TBI mampu menguasai prinsip-prinsip pengembangan program pembelajaran dan mampu melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran yang dikelolanya.

Peneliti Bahasa (Inggris)
Sebagai peneliti bahasa, lulusan Tadris Bahasa Inggris diharapkan selalu mengikuti dan berperan aktif untuk mengembangkan keilmuan dalam praktik pembelajaran bahasa inggris melalui penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa inggris sehingga mampu menemukan dan menganalisis topic permasalahan dalam pembelajaran bahasa inggris dengan menguasai prinsip-prinsip penelitian, serta melaporkan hasil penelitian dengan memanfaatkan teknologi informasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian akademik.

12

Years in Marketing

143

Web Analytics

76

Email Campaigns

41

First Position

16

Team Members

96

SEO Campaigns
Ketua Jurusan (KAJUR)
Sekretaris Jurusan (SEKJUR)
Dosen Phonology
Dosen Grammer
Dosen Vocabulary
Dosen CCU
Dosen Listening

89 Clients Served

25 Events Organized

43 Public Speeches

+1,200 Coffee Cups

MOTTO KAMI:

Memberikan Yang Terbaik Bagi Bangsa Dan Negara

Kerjasama Dengan Beberapa Pihak

Tadris Bahasa Inggris melakukan kerjasama dengan beberapa pihak instansi terbaik Nasional dan Internasional seperti:

Dari Berbagai Generasi

Pogress Jurusan Bahasa Inggris dari waktu ke waktu menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya

2013

April, 2013

Agency started by web enthusiasts Dominic Benson and Noah Frost in Cambridge, UK.

June, 2013

The company’s first iOS app was released and quickly rose to the Top 50!
 

October, 2013

Established London headquarters.

2014

 

February, 2014

Our social media optimization services used by some of the top companies in UK.

 

June, 2013

Our company raised 5 million pounds to build all new social optimisation platform for next generation online marketing.